Jama Qashar Magrib dan Isya di Arafah tanggal 10
" SALAT JAMA' QASAR MAGRIB DAN ISYA DI ARAFAH TANGGAL 10 DZULHIJJAH"
بسم
الله الرحمن الرحيم
Dewan
Hisbah Persatuan Islam setelah:
MENGINGAT
:
Hadits
Nabi SAW :
فَأَجَازَ
رَسُولُ اللَّهِ -صلى
الله عليه وسلم-
حَتَّى
أَتَى عَرَفَةَ فَوَجَدَ الْقُبَّةَ
قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ فَنَزَلَ
بِهَا حَتَّى إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ
أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ فَرُحِلَتْ لَهُ
فَأَتَى بَطْنَ الْوَادِى فَخَطَبَ
النَّاسَ .....ثُمَّ
أَذَّنَ ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى الظُّهْرَ
ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى الْعَصْرَ وَلَمْ
يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا ثُمَّ
رَكِبَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى
الله عليه وسلم-
حَتَّى
أَتَى الْمَوْقِفَ فَجَعَلَ بَطْنَ
نَاقَتِهِ الْقَصْوَاءِ إِلَى الصَّخَرَاتِ
وَجَعَلَ حَبْلَ الْمُشَاةِ بَيْنَ
يَدَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ
فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفًا حَتَّى غَرَبَتِ
الشَّمْسُ
"Lalu
Rasulullah saw. melewati hingga sampai di Arafah, kemudian beliau
mendapati tenda yang telah dibuat baginya di Namirah, lalu beliau
singgah di sana, ketika matahari tergelincir, beliau menyuruh membawa
kendaraannya, lalu ditunggangi menuju ke pusat lembah tersebut,
kemudian beliau berkhutbah, .... kemudian dikumandangkan adzan lalu
iqamah, kemudian beliau salat Dzuhur kemudian iqamah, lalu beliau
salat Ashar, dan tidak ada salat apapun di antara keduanya, kemudian
Rasulullah SAW naik (kendaraannya) berangkat
menuju tempat wukuf, lalu beliau menderumkan perut unta Qashwa itu
pada batu besar dan tali jalannya di hadapaannya, lalu beliau
menghadap kiblat, beliau tidak henti-hentinya wukuf sampai terbenam
matahari".
H.r.
Muslim
حَتَّى
أَتَى الْمُزْدَلِفَةَ فَصَلَّى بِهَا
الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ بِأَذَانٍ
وَاحِدٍ وَإِقَامَتَيْنِ وَلَمْ يُسَبِّحْ
بَيْنَهُمَا شَيْئًا ثُمَّ اضْطَجَعَ
رَسُولُ اللَّهِ -صلى
الله عليه وسلم-
حَتَّى
طَلَعَ الْفَجْرُ وَصَلَّى الْفَجْرَ
"
Hingga sampai di Muzdalifah, lalu beliau salat Magrib dan Isya dengan
satu kali adzan dan dua kali iqamah, beliau tidak melakukan salat
apapun diantara keduanya, kemudian Rasulullah SAW berbaring sampai
terbit fajar, lalu beliau melaksanakan salat Subuh.
H.r. Muslim
عَنِ
ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ عُبَيْدَ اللَّهِ
بْنَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَخْبَرَهُ
أَنَّ أَبَاهُ قَالَ جَمَعَ رَسُولُ
اللَّهِ -صلى
الله عليه وسلم-
بَيْنَ
الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِجَمْعٍ
لَيْسَ بَيْنَهُمَا سَجْدَةٌ وَصَلَّى
الْمَغْرِبَ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ وَصَلَّى
الْعِشَاءَ رَكْعَتَيْنِ.
"Dari
Ibnu Syihab sesungguhnya Ubaidillah bin Abdullah bin Umar mengabarkan
kepadanya bahwa sesungguhnya ayahnya berkata, Rasulullah SAW menjama
antara Magrib dan Isya di Muzdalifah, tidak ada salat apapun diantara
keduanya, beliau salat Magrib tiga rakaat kemudian salat Isya dua
rakaat.H.r.
Muslim
عَنْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَعْمَرَ قَالَ
:
قَالَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَ سَلَّمَ اَلْحَجُّ عَرَفَاتٌ اَلْحَجُّ
عَرَفَاتٌ اَلْحَجُّ عَرَفَاتٌ أَيَّامُ
مِنًى ثَلاَثٌ {
فَمَنْ
تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلاَ إِثْمَ
عَلَيْهِ وَمَنْ تَأَخَّرَ فَلاَ إِثْمَ
عَلَيْهِ }
وَمَنْ
أَدْرَكَ عَرَفَةَ قَبْلَ أَنْ يَطْلُعَ
اْلفَجْرُ فَقَدْ أَدْرَكَ الْحَجَّ
رواه الترمذي
"Dari
Abdurrahman bin Ya'mar, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, Haji itu
Arafah, Haji itu Arafah, Haji itu Arafah, Ayyamu Mina itu tiga hari (
Siapa yang bersegera pada dua hari, maka tidak mengapa, dan siapa
yang mengakhirkannya maka tidak ada dosa padanya) dan siapa yang
mendapati Arafah sebelum terbit fajar maka sungguh ia telah mendapat
haji".
H.r.
At Tirmidzi.
عَنْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَعْمَرَ
الدِّيلِىِّ قَالَ أَتَيْتُ النَّبِىَّ
-صلى
الله عليه وسلم-
وَهُوَ
بِعَرَفَةَ فَجَاءَ نَاسٌ -
أَوْ
نَفَرٌ -
مِنْ
أَهْلِ نَجْدٍ فَأَمَرُوا رَجُلاً
فَنَادَى رَسُولَ اللَّهِ -صلى
الله عليه وسلم-
كَيْفَ
الْحَجُّ فَأَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى
الله عليه وسلم-
رَجُلاً
فَنَادَى «
الْحَجُّ
الْحَجُّ يَوْمُ عَرَفَةَ مَنْ جَاءَ
قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ لَيْلَةِ
جَمْعٍ فَتَمَّ حَجُّهُ أبو داود
"Dari
Abdurrahman bin Ya'mar Al Dili, ia berkata, Saya datang menghadap
Nabi SAW, sedang beliau berada di Arafah, lalu datang sekelompok dari
Nejed, kemudian mereka menyuruh seseorang, lalu bertanya kepada
Rasulullah SAW bagaimana haji itu, kemudian Rasulullah mengutus
seseorang lalu mengumandangkan haji itu, haji itu adalah mendapatkan
wukuf pada hari Arafah, siapa yang datang sebelum Subuh dari malam
Muzdalifah maka sempurna hajinya".
H.r.
Abu Daud.
وفي
رواية أبي داود من جاء قبل صلاة الصبح من
ليلة جمع فتم حجة (
فقد
أدرك الحج )
فيه
رد على من زعم أن الوقوف يفوت بغروب الشمس
يوم عرفة ومن زعم أن وقته يمتد إلى ما بعد
الفجر إلى طلوع الشمس
"Pada
riwayat Abu Daud, 'Siapa yang datang sebelum Salat Subuh dari malam
Muzdalifah maka sempurna hajinya (sungguh mendapatkan haji) hal ini
menjadi bantahan terhadap orang yang beranggapan bahwasanya wukuf itu
selesai dengan terbenamnya matahari pada hari Arafah dan orang yang
beranggapan bahwa waktu wukuf diperpanjang setelah fajar sampai
terbit matahari"
Tuhfatul Ahwadzi,
juz 8:254
MEMPERHATIKAN
:
-
Sambutan dan pengarahan dari Ketua Dewan Hisbah KH.Usman Sholehuddin
-
Sambutan dan pengantar dari Ketua Umum PP Persis Prof. Dr. KH. M. Abdurrahman, MA.
-
Makalah dan pembahasan yang disampaikan oleh: KH. Drs. Uus Muhammad Ruhiyat.
-
Pembahasan dan penilaian dari anggota Dewan Hisbah terhadap masalah tersebut di atas.
MENIMBANG:
-
Pelaksanaan manasik haji harus sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah.
-
Pelaksanaan ibadah haji terdiri dari rukun, wajib dan sunnat.
-
Rasulullah SAW melaksanakan shalat magrib dan isya pada malam tanggal 10 Dzul hijjah di Muzdalifah dengan cara jama takhir dan qasar.
-
Pada pelaksanaannya sering kali dihadapkan pada kendala.
-
Shalat magrib dan isya pada malam 10 Dzulhijjah di Arafah, sering terjadi.
-
Melaksanakan ibadah haji harus diupayakan secara maksimal agar rukun, wajib dan sunnatnya dapat terpenuhi.
-
Perlu kejelasan hukum mengenai salat jama' qasar magrib dan isya di arafah tanggal 10 dzulhijjah.
Dengan
demikian Dewan Hisbah Persatuan Islam
MENGISTINBATH
:
-
Salat jama' ta'khir dan qasar Magrib dan Isya pada tanggal 10 Dzul Hijjah lebih utama dilakukan di Muzdalifah.
-
Salat Magrib dan Isya dijama' ta'khir dan qasar pada tanggal 10 Dzul Hijjah di Arafah karena kendala teknis shalat dan hajinya sah.
Demikian
keputusan Dewan Hisbah mengenai masalah tersebut dengan makalah
terlampir.
Komentar
Posting Komentar